wayjeparanegriku

Just another WordPress.com site

RPP AGAMA ISLAM 1, TAHARAH

SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) ISLAMIA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Mata Pelajaran Al Islam
Kelas/ Semester 1, semester 1
Standar Kompetensi 4. Mengenal tata cara bersuci
Kompetensi Dasar 4.1 Menyebutkan pengertian bersuci
: 4.2 Mencontoh tata cara bersuci

Indikator 4.1 Menyebutkan Pengertian bersuci
4.1.1 Menjelaskan pengertian bersuci/ thaharah
4.1.2 Menyebutkan tata cara bersuci/thaharah
4.1.3 Menyebutkan benda-benda yang dapat dipergunakan untuk bersuci seperti; air
tisu, batu, debu, daun, kayu dll
4.1.4 Menerapkan bersuci/ thaharah dalam beribadah.
4.2 Mencontoh tata cara bersuci/ thaharah
4.2.1 Mencontoh cara bersuci
4.2.2 Menerapkan cara bersuci/ thaharah seperti membersihkan qubul dan dubur
setelah buang air kecil maupun besar.
4.2.3 Menerapkan cara berwudhu yang baik
4.2.4 Menerapkan cara membersihkan badan, pakaian dan tempat.

Alokasi Waktu 4 Jam Pelajaran (2X Pertemuan)
Tujuan Pembelajaran Siswa memahami pengertian bersuci
Siswa mampu menyebutkan benda-benda yang dapat digunakan untuk bersuci
Siswa mampu menjelaskan tata cara bersuci
Siswa mengerti cara membersihkan qubul dan dubur, pakaian dan tempat
Siswa mampu menerapkan tata cara bersuci/ thaharah ketika hendak salat

Materi Pelajaran A. Pengertian Besuci
Thaharah adalah bersuci atau membersihkan diri, tempat, pakaian dari hadas/ najis
Hadas adalah keadaan seseorang sehingga tidak boleh shalat
Najis adalah kotoran hewan atau binatang, yang menyebabkan seseorang terhalang untuk-
beribadah kepada Allah.
Cara membersihkan najis yaitu dengan dicuci
Cara membersihkan hadas yaitu dengan mandi, berwudhu
Bewudhu dapat menghilangkan hadas
Anggota tubuh yang harus dibersihkan: kedua tangan, hidung, muka, telinga, mengusap -
kepala dan kedua kaki
Agar salat kita diterima, maka kita harus berwudhu dengan benar.
Berwudhu dengan menggunakan air, jika tidak ada air boleh dengan debu atau tanah
Berwudhu dengan debu disebut tayamum
Contoh alat untuk bersuci yaitu air, debu, tanah, tisu, batu, kayu, daun,

B. Praktek Wudhu
Urutan-urutan wudhu:
1. Niat : Awali dengan membaca basmalah
2. Membasuh kedua telapak tangan
3. Berkumur-kumur dan memasukan air ke hidung
4. Membasuh muka
5. Membasuh kedua tangan sampai siku
6. Mengusap kepala dan telinga
7. Membasuh kedua kaki
8. Berdoa” Asyhadu alla illaha illallah hu wah dahu laa syarikalah, wa asyhadu anna -
Muhammadan Abduhu warosuluh, Allahummaj ‘alni minat tawwabiina waj ‘al ni -
Minal mutatohhiriin.

Metode Pembelajaran ceramah, demosntrasi, drill, tanya jawab, praktek.

Media Pembelajaran Buku Paket Erlangga
Media gambar
Film tata cara berwudhu
Buku panduan shalat

langkah-langkah
Pembelajaran
A. Pertemuan Pertama
Kegiatan awal Memberi salam, berdoa
kegiatan inti Membaca hadis tentang kebersihan
Menjelaskan pengertian bersuci/ thaharah
Menjelakan pengertian hadas dan najis
Menjelaskan cara membersihkan hadas dan najis
Menyebutkan benda-benda yang dapat digunakan untuk bersuci
Menjelaskan pentingnya berwudhu ketika hendak salat
Menerapkan bersuci/thaharah ketika hendak shalat
Menerapkan kebiasaan hidup bersih
latihan soal
Kegiatan akhir Tanya jawab
Membaca doa, Memberi salam

B. Pertemuan Kedua
Kegiatan awal Memberi salam, berdoa
Menanyakan hadis tentang kebersihan
Menanyakan pengertian bersuci, hadas, najis dan
Menanyakan cara membersihkan hadas dan najis
Menanyakan kepada siswa benda-benda yang dapat digunakan untuk bersuci
Kegiatan inti Menjelaskan pentingnya berwudhu
Menjelaskan urutan-urutan berwudhu
Menonton film tata-cara berwudhu
Melihat gambar dan mengacak urutan-uratan berwudhu (materi poin 3-7)
Membiasakan hidup bersih baik diri siswa, pakaian, maupun tempat
Latihan soal
Membiasakan menerapkan bersuci ketika hendak memulai salat
kegiatan akhir Tanya jawab
Menyampaikan pesan tentang kebiasaan bersuci
Berdoa, Memberi salam

Evaluasi/ penilaian Tes tertulis
Praktek
lembar tugas

Alat Penilaian/ Soal A. Tes Tertulis
1. Berwudhu menggunakan?……………………..
2. Tayamum menggunakan?…………………….
3. Diantara alat bersuci?………………………
4. Berwudhu membersihkan?…………………………….
5. Cara membersihkan najis?………………………….

latihan halaman 37, 38,39

B. Praktek Berwudhu
Mengunakan lebara ceklist , lihat pada lampiran

C. Lebar tugas, pada hal 38

Ceklist Kelompok

Jenis kegiatan : Bersuci/ thaharah
Tempat kegiatan : SDIT Islamia
Waktu observasi :
Nama observer :

No Aspek yang dinilai Nama Peserta
……… ……. ……….. ……… ……….. ………. ………… ……….. ……………..
1 Arti thaharah
2 Alat thaharah
3 Alat berwudhu
4 Alat untuk tayamum
5 Memahami Hadas
6 Memahami najis
* Praktek wudhu
7 Niat
8 Mencuci telapak tangan
9 Berkumur/ istinsyak
10 Membasuh muka
11 Membasuh tangan
12 Membasuh kepl/ telinga
13 Membasuh kaki
14 Membaca doa
15 Kebiasaan taharah

Daftar Pustaka :
Wina Sanjaya :Kuri Kulum dan Pembelajaran 2008, Kencana Prenada Media Group, Jakarta
Sayyid Sabiq : Fikh Sunnah jilid I, 2001, Pena Budi Aksara, Jakarta

Mengetahui Bekasi,……2011/2012
Kepala Sekolah Guru PJ

Mulyana, S.Pd.I Siti Rohani, S.Pd.I

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: