wayjeparanegriku

Just another WordPress.com site

SILABUS AGAMA ISLAM SMK

CONTOH SILABUS SMK
Nama sekolah : SMK MANDIRI
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/ semester : X/ II
Standar Kompetensi : Memahami/ mengenal Ayat-Ayat Tentang Demokrasi

Kompetensi
dasar Materi Pelajaran Indikator Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi waktu Sumber/bahan/alat
jenis instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1. Membaca dan memahami ayat tentang demokrari

1. Uraian materi pokok qs Ali Imran 159, As syura 38 dan An Nahal 125 1. Membaca fasih qs Ali Imran 159, As syura 38 dan An Nahl 125.
2. Menjelaskan penerapan tajwidnya.
1. Menanyakan pengertian demokrasi, musyawarah dan da’wah.
2. Menjelaskan kandungan ayat.
3. Diskusi
4. Mengecek Pemahaman siswa.
5. penugasan mencari artikel tentang demokrasi 1. Tugas individu
2. Tugas kelompok
3. Ulangan harian.
4. ulangan Semestr
1. Tes tulis
2. tes lisan
3. Tes sikap
4. Portofolio 2 jam 1. Al qur’an terjmh
2. Buku Paket
3. Buku Tajwid
4. Artikel Majalah
5. Fikih Negara.
6. VCD Al Qur’an Petunjuk Jalan

2. Membiasakan dan menerapkan perilaku demokrasi dalam perilaku sehari hari.
1. Demokrasi, musyawarah dan da’wah 3. Menyimpulkan kandungan isi ayat.
4. Menunjukan perilaku yang mencerminkan isi surah 1. Menanyakan artikel.
2. Mendiskusikan/ membahas artikel.
3. Menunjukan perilaku demokratis, Musyawarah, dan da’wah
4. Menyelesaikan soal.
5. Melaksanakan tindak lanjut/ alternative bila siswa belum mengerti materi. 1. Tugas individu
2. Tugas kelompok
3. Ulangan harian.
4. ulangan Semestr
1. Tes tulis
2. tes lisan
3. Tes sikap
4. Portofolio 1 jam 1. Al qur’an terjmh
2. Buku Paket
3. Buku Tajwid
4. Artikel Majalah
5. Fikih Negara.
5. VCD Al Qur’an Petunjuk Jalan

PORTOPOLIO

Nama Siswa :
Tanggal

No Aspek yang Dinilai Portofolio
1 2 3
1 Lancar membaca Al Qur’an
2 Mengetahui peneerapan ilmuu tanjwidnya
3 Memahami isi kandungan ayat
4 Membiasakan dan menerapkan perilaku demokrasi, musyawarah dan da’wah
5 Tes tulis dan bahasa
Skor Total

Keterangan:
Skor 1 nilai 40-70 = C
Skor 2 Nilai 71-85 = B
Skor 3 nilai 86-100 = A

SILABUS
Nama sekolah : SMK MANDIRI
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/ semester : X/ II
Standar Kompetensi : Mengidentifikasikan tanda-tanda penghayatan terhadap fungsi iman kepada malaikat dan mampu menerapkannya

Kompetensi
dasar Materi Pelajaran Indikator Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi waktu Sumber/bahan/alat
jenis instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1. Mendevinisikan keimanan kepada malaikat
1. Pengertian Iman kepada malaikat
1. Menjelaskan iman kepada malaikat
2. Mengemukakan dalil tentang malaikat 1. Menanyakan pengertian beriman, malaikat.
2. Menanyakan dalil tentang malaikat 1. Tugas indiv
2. Tugas kelp
3. Ulangan harian
4. Ulangan semestr 1. Tes tulis
2. tes lisan
3. Te tes sikap
4. Skala sikap 1 jam 1. Kitab All Qur’an
2. Buku Paket
3. file Presentasi/ File Cahaya
4. Kitab Tafsir
2. Menganalisis Fungsi beriman kepada malaikat
2. Fungsi Iman kepada malaikat
1. Menjelaskan fungsi iman kepada malaikat.
2. Menunjukan tanda-tanda penghayatan dalam perilaku.
1. Menjelaskan pengertian beriman kepada malaikat
2. Menjelaskan fungsi iman kpd malaikat
3. Menjelaskan tanda-tanda penghayatan 1. Tugas indiv
2. Tugas kelp
3. Ulangan harian
4. Ulangan semestr 1. Tes tulis
2. tes lisan
3. Tes sikap
4. Penilaian diri 1 jam 1. Kitab All Qur’an
2. Buku Paket
3. file Presentasi/ File cahaya
4. Kitab Tafsir
3. Menggunakan/ menerapakan dalam perilaku sehari-hari
4. Kedudukan manusia dan malaikat
1. Menjelaskan kedudukan manusia dan malalikat.
2. Menjelaskan pebedaan manusia dan malaikat 1. Menerangkan kedudukan manusia dan malaikat.
2. Menerangkan perbedaan manusia dan malaikat 1. Tugas indiv
2. Tugas kelp
3. Ulangan harian
4. Ulangan semestr 1. Tes tulis
2. tes lisan
3. Tes sikap
4. Skala Sikap 1 jam 1. Kitab All Qur’an
2. Buku Paket
3. file Presentasi/ File Cahaya
4. Kitab Tafsir

SKALA SIKAP TERHADAP KEIMANAN KEPADA MALAIKAT

No Pernyataan Penilaian Sikap
SS S N TN STS
1 Membaca Al Qur’an karena dicatat oleh malaikat
2 Tidak melakukan perbuatan buruk karena malaikat selalu mengawasi manusia
3 Manusia lebih mulia daripada malaikat
4 Manusia lebih cerdas dari malaikat
5 Manusia banyak yang tidak taat kepada Allah sedang malaikat selalu taat
6 Malaikat tercipta dari cahaya sedang manusia tercipta dari tanah.
7 Malaikat adalah makhluk gaib
8 Memohon pertolongan kepada Malaikat Izrail agar dipanjangkan umur
9 Berusaha menjadi orang-orang yang betul-betul bertakwa agar dicntai Allah dan malaikaktnya
10 Malaikat senantiasa mendoakan orang-orang yang berada di majelis ilmu dan berzikir kepada Allah

PENILAIAN DIRI SISWA

NO
PERNYATAAN ALTERNATIF
YA TIDAK
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10 Saya sulit memahami malaikat
Saya sulit menghafal dalil-dalil Al Qur’an
Saya sulit mengikuti PAI
Saya sulit mengerti tajwid
Saya sulit untuk mengartikan kandungan ayat-ayat Al qur’an
Saya belum bias mengamalkan pelajaran Agama Islam
Saya selalu berbuat baik karena saya tahu malaikat mengikuti
Saya tahu manusia lebih suka membantah sedangkan malaikat selalu patuh
Saya tahu malaikat Ridwan yang menjaga surga
Saya tahu malaikat Malik yag menjaga neraka.
…………………………
…………………………

SILABUS
Nama sekolah : SMK MANDIRI
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/ semester : X/ II
Standar Kompetensi : Mamahami hukum Islam tentang zakat dan hikmahnya
: Memahami hukum Pajak

Kompetensi
dasar Materi Pelajaran Indikator Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi waktu Sumber/bahan/alat
jenis instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1. Mampu menerangkan pengelolaan zakat di Indonesia

1. Memahami hokum Islam tentang zakat
2. Memahami hokum pajak 1. Siswa mampu menerangkan ZIS
2. Mampu menerangkan pengelolaan zakat fitrah
1. Mengajukan pertanyaan tentang zakat dan pajak.
2. Mengemukakan tentang dalil zakat
3. Menerangkan macam-macam zakat 1. Tugas individu
2. Tugas kelompok
3. Ulangan harian
4. Ulangan semester 1. Tes Tulis
2. Praktek
3. Wawancara 1 jam 1. Buku Paket
2. Kitab Fikih
3. Kalkulator
4. Alamat lembaga zakat
5. contoh SPT
2. Mampu menerangkan hubungan zakat dengan pajak
1. Hubungan zakat dan Pajak 1. Mampu menjelaskan hubungan zakat dengan pajak
1. Tugas individu/ diskusi. Menyelesaikan tugas pembagian jakat mal (PR)
2. Menerangkan pajak
3. Pemanfaatan pajak
4. Menerangkan hubungan zakat dangan pajak
1. Tugas individu
2. Tugas kelompok
3. Ulangan harian
4. Ulangan semester 1. Tes Tulis
2. Praktek
3. 3. Wawancara 1. Buku Paket
2. Kitab Fikih
3. Kalkulator
4. Alamat lembaga zakat
5. contoh SPT
3. Menerapkan hikmah zakat dalam kehidupan
1. Pengelolaan zakat 1. Mampu menjelaskan hikmah zakat.
2. Menunjukan perilaku yang mencerminkan kepedulian terhadap kaum duafa 1. Menerangkan lembaga pengelola zakat
2. Penyaluran zakat
3. Hikmah zakat bagi muzaki
4. hikmah zakat bagi mustahik.
5. 10. Tugas kelompok (praktek zakat tunai) 1. Tugas individu
2. Tugas kelompok
3. Ulangan harian
4. Ulangan semester 1. Tes Tulis
2. Praktek
3. 3. Wawancara 1 jam 1. Buku Paket
2. Kitab Fikih
3. Kalkulator
4. Alamat lembaga zakat
5. contoh SPT

SILABUS
Nama sekolah : SMK MANDIRI
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/ semester : X/ II
Standar Kompetensi : Memahami hikmah haji dan umrah serta mampu menerapkannya

Kompetensi
dasar Materi Pelajaran Indikator Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi waktu Sumber/bahan/alat
jenis instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1. Siswa bisa menjelaskan hikmah haji dan umrah 5. Mendevinikan ibadah haji dan umrah
6. Haji Tamattu, Ifrad, dan Qiran
7. Kegiatan haji dan umrah 1. Siswa mampu mendevinisikan haji dan umrah
1. Menjelaskan pengertian haji dan umrah.
2. Menjelaskan syarat-syarat, sunnah, dan larangan
3. Menjelaskan perbedaan haji dan umrah.
4. Menjelaskan macam-macam haji 1. Ulangan harian.
2. Ulangan semester
3. Tes inividu
4. Tugas kelmpk
1. Tes Lisan
2. Praktek Haji dan Umrah (tawaf, sai, melontar jumrah)
3. Diskusi 1 jam 1. Buku Paket
2. Buku Haji dan Umrah.
3. VCD haji dan Umrah
4. mikrososf Power point
5. Gambar-gambar Tempat Kunjungan (masjid nabawi, rummah Rasul, Ka,bah dll)
2. Menerapkah hikmah haji dan umrah dalam kehidupan
1. Hikmah haji dan umrah bagi individu
2. Hikmah haji dan umrah bagi keluarga
3. Hikmah haji dan umrah bagi masyarakat, bangsa dan Negara. 1. Siswa mampu menunjukan perilaku yang mencerminkan penghayatan terhahdap hkmah haji dan umrah
2. Mempraktekkan ibadah haji dan umrah 1. Menjelaskan hikmah haji dan umrah.
2. Pemutaran CVD Haji dan Umrah
3. Ulangan harian
4. Mengulang singkat dg power point 1. Ulangan harian.
2. Ulangan semester
3. Tes inividu
4. Tugas kelmpk
5. 1. Tes Lisan
2. Praktek Haji dan Umrah (tawaf, sai, melontar jumrah)
3. Diskusi 1 jam 1. Buku Paket
2. Buku Haji dan Umrah/ fqh
3. VCD haji dan Umrah
4. mikrososf Power point
5. Gambar-gambar Tempat Kunjungan (masjid nabawi, rummah Rasul, Ka,bah dll

SILABUS
Nama sekolah : SMK MANDIRI
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/ semester : X/ II
Standar Kompetensi : Menerapkan hokum wakaf dan hikkmahnya

Kompetensi
dasar Materi Pelajaran Indikator Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi waktu Sumber/bahan/alat
jenis instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1. Siswa mampu menerangkan ketentuan hokum Islam
1. Syarat dan hokum wakaf
2. Ketentuan Wakaf
3. Pelaksanaan wakaf di Indonesia 1. Siswa dapat menyebutkan syarat dan rukun wakaf
2. Siswa dapat menyebutkan harta yang diwakafkan
3. Mengemukakan dalil-dalil
4. Menjelaskan pelaksanaan wakaf 1. Diskusi tentang wakaf.
2. Menganalisa hasil diskusi
3. Menjelaskan ketentuan wakaf
4. Menerangkan harta yang diwakafkan
5. Menjelaskan Pelaksanaan wakaf . 1. Tugas inividu
2. Tugas Kelompok
3. Ulangan Harian
4. Ulangan semester 1. Tes tulis
2. Tes lisan
3. Penilaian sikap 1 jam 1. Buku Paket
2. Kitab Fiqh
3. Alamat Lembaga Wakaf. Internet.
4. Contoh Brosur lembaga wakaf
2. Siswa Menerapkan Hikmah wakaf dalam dalam kehidupan sehari-hari
1. Lembaga Wakaf Indonesia
2. Keutamaan dan manfaat wakaf 1. Menjelaskan hikmah wakaf
2. Siswa dapat menunjukan perilaku yang menccerminkan penghayatan terhadap hikmah wakaf 1. Menyebutkan lembaga yang mengurusi wakaf.
2. Praktik wakaf (uang Tunai) 1. Tugas inividu
2. Tugas Kelompok
3. Ulangan Harian
4. Ulangan semester 1. Tes tulis
2. Tes lisan
3. Penilaian sikap 1 jam 1. Buku Paket
2. Kitab Fiqh
3. Alamat Lembaga Wakaf. Internet.
4. Contoh Brosur lembaga wakaf

PENILAIAN SIKAP

NO PERNYATAAN JAWABAN ALASAN
SETUJU TIDAK SETUJU TIDAK SETUJU
1. Seyogyanya orang-orang Islam yang kaya itu mewakafkan sebagian hartanya untuk kepentingan masyarakat
2 Harta yang paling baik untuk diwakafkan adalah tanah
3 Mewakafkan buku-buku ilmu pengetahuan bermanfaat, kepada lembaga-lembaga pendidikan Islam tidak dibenarkan oleh syarak
4 Wakaf yang dilakukan bukan karena Allah, tetapi karena mengharapkan keuntungan dunia tidak akan mendatangkan pahala bagi yang berwakaf
5 Salah satu manfaat wakaf adalah dapat menghilangkan kebodohan dan kemiskinan.

SILABUS
Nama sekolah : SMK MANDIRI
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/ semester : X/ II
Standar Kompetensi : Membiasakan diri berperilaku dengan sifat-sifat terpuji dan menghindari sifat tercela.

Kompetensi
dasar Materi Pelajaran Indikator Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi waktu Sumber/bahan/alat
jenis instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1. Siswa mampu bertata karma dalam berpakaian, berhias dan menerima tamu
1. Tata karma berpakaian dan berhias
2. Tata karma bertamu
3. Tata karma menerima tamu 1. Menunjukan kebiasaan berpakaian dan berhias secara Islami
2. menunjukan cara bertamu dan menerima tamu sesuai dangan ajaran Islam 1. Menilai penampilan siswa oleh siswa lainnya.
2. Menghubungkan penampilan menurut ajaran Islam.
3. Mempraktikkan cara bertamu dan menerima tamu.
4. Menganalisis sesuai ajaran Islam 1. Tugas individu
2. Tugas Kelopk
3. Ulangan harian
4. Ulangan semester 1. Tes lisan/ praktek memeragakan dan menilai.
2. Praktek bertamu dan menerima tamu.
3. Tes tulis
4. Penilaian diri 1 jam 1. White board
2. beberapa orang siswa
3. kertas untuk penilaian/ penilaian sikap
4. Alat Bantu peraga/ pintu sekolah dsb
5. gambar-gambar wanita berhias berlebihan.
6. Kitab Tarbiyatul Aulad
2. Siswa bersikap benar dalam bertatakrama 1. Menjauhi sifat tabaruj
1. Tidak berlebihan dalam segala hal.
2. Menampilkan sifat terpuji dalam bertamu dan menerima tamu
1. Menjelaskan bahayanya tabaruj dalam segala hal.
2. 1. Tugas individu
2. Tugas Kelopk
3. Ulangan harian
4. Ulangan semester 1. Tes lisan/ praktek memeragakan dan menilai.
2. Praktek bertamu dan menerima tamu.
3. Tes tulis
4. Penilaian diri 1 jam 1. White board
2. Beberapa orang siswa
3. Kertas untukpenilaian/penilaian sikap
4. Alat Bantu peraga/ pintu sekolah dsb
5. Gambar-gambar wanita berhias berlebihan.
6. Kitab Tarbiyatul Aulad.

INTERNALISASI BUDI PEKERTI ISLAMI

NO
PERNYATAAN JAWABAN ALASAN
SETUJU TIDAK SETUJU TIDAK TAHU
1 Pakaian wanita yang Islami itu adalah yang dapat menutui seluruh tubuhnya kecuali muka dan telapak tangan
2 Pakaian yang tidak berfungsi memperindah fisik pemakainya haram dipakai
3 Mencukur alis mata, membuat tahi lalat palsu diwajah dan bertato termasuk akhlak tercela yang harus dijauhi
4 Bertamu dan menerima tamu termasuk kedalam silaturahmi yang diajarkan Islam
5 Menerima tamu dengan baik dan bertutur katta yang sopan termasuk sedekah.

SILABUS
Nama sekolah : SMK MANDIRI
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/ semester : X/ II
Standar Kompetensi : Menerapkan tata karma dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi
dasar Materi Pelajaran Indikator Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi waktu Sumber/bahan/alat
jenis instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1. Membiasan diri menghindari sifat hasud
1. Pengertian Hasud
2. Bahaya hasud 1. Mampu mendevinikan sifat hasud
2. Menunjukan sifat menjauhi sifat hasud 1. Bertanya tentang hasud.
2. Menjelaskan bahaya hasud. 1. Tugas inividu
2. Tugas kelompok.
3. Ulangan harian
4. Ulangan semester 1. Tes lisan
2. Diskusi
3. tes tulis
4. Observasi 1 jam 1. Buku paket
2. Lembar observasi
3. Buku akhlak
4. White Board
5. VCD Al Quran Petunjuk jalan
2. Siswa membiasakan diri menghindari sifat riya
1. Pengertian Riya
2. Bahaya riya’ 1. Mampu mendevinikan sifat riya’
2. Menunjukan sifat menjauhi riya 1. Menjelaskan riya’
2. menerangkan bahaya riya
1. Tugas inividu
2. Tugas kelompok.
3. Ulangan harian
4. Ulangan semester 1. Tes lisan
2. Diskusi
3. tes tulis
4. Observasi 1 jam 1. Buku paket
2. Lembar observasi
3. Buku akhlak
4. White Board
5. VCD Al Quran Petunjuk jalan
6. Kitab siroh.
3. Membiasakan diri menghindari sifat aniaya
1. Pengertian Aniaya
2. Bahaya aniaya 3. Mampu mendevinisikan aniaya
4. Menunjukan sifat aniaya 1. Menerangkan aniaya, bahaya dan macam-macam aniaya.
2. Memerankan Sifat-sifat terpuji
1. Tugas inividu
2. Tugas kelompok.
3. Ulangan harian
4. Ulangan semester 1.Tes lisan
2. Diskusi
3. tes tulis
4. Observasi 1 jam 1. Buku paket
2. Lembar observasi
3. Buku akhlak
4. White Board
5. VCD Al Quran Petunjuk jalan
6. kitab sirah.

LEMBAR OBSERVASI (CEKLIST)

NAMA OBSERVEANT :……………………………………………..
NO :…………………………………………….
TEMPAT OBSERVASI :…………………………………………….
WAKTU OBSERVASI :…………………………………………….
OBSERVER :……………………………………………
TOPIK OBSERVASI : Menjauhi Perilaku hasud, riya’ dan aniaya.

No. ASPEK YANG DI OBSERVASI HASIL OBSERVASI
1 Suka menghasud teman atau guru V
2 Suka berbuat sesuatu tujuannya ingin dipuji ….
3 Suka memukul teman/ orang lain …
4 Berperilaku terpuji
……………………… V

SILABUS
Nama sekolah : SMK MANDIRI
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/ semester : X/ II
Standar Kompetensi : Memahami perkembangan Islam pada masa dinasti Abbasyah dan mengambil hikmahnya untuk kehidupan

Kompetensi
dasar Materi Pelajaran Indikator Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi waktu Sumber/bahan/alat
jenis instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1. Siswa mampu menjelaskan perkembangan Islam pada masa dinasti Abbasyyah
1. Sekilas tentang dinasti Abbasiyah
2. Perkembangan ajaran Islam pada masa dinasti Abasiyah Siswa dapat menjelaskan perkembangan ajaran Islam pada masa dinasti Abbasiyah
Siswa dapat menjelaskan ilmu pengetahuan pada masa dinasti Abbasiyah 1. Menanyakan tokoh-tokoh siapa saya yang pernah dibaca.
2. Menerangkan sekilas tentang dinasti Abbbasiyah
3. Menerangkan perkemb. Islam
4. Tugas pribadi: menulis teladan dari tokoh-tokoh perjuangan yang pernahh dibaca. 1. Tugas individu.
2. Tugas kelompok.
3. Ulangan harian
4. Ulangan semester
1. Tes Lisan
2. Diskusi
3. Portofolio 2 jam 1. Buku paket
2. Tafsir
3. Sirah
4. Gambar arssitektur
5. VCD Negeri Saba
6. Gambar Masjid, Taj Mahal, Piramid

2. Siswa mampu mengambil hikmahnya untuk kehidupan 1. Perkembangan
Ilmu Pengetahuan.
2. Perkembangan kebudayaan
Siswa dapat menguraikan manfaat yang diambil dari sejarah Islam.
Siswa dapat menunjukan perilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap manfaat yang dapat diambil dari sejarah Islam 1. Diskusi
2. Menerangkan perkembangan ilmu pengetahuan
3. Menjelaskan perkembangan kebuadayan
4. Mengerjakan soal Tugas individu.
Tugas kelompok.
Ulangan harian
Ulangan semester
1. Tes Lisan
2. Diskusi
3. Portofolio 2 jam 1. Buku paket
2. Tafsir
3. Sirah
4. Gambar arssitektur
5. VCD Negeri Saba
6. Gambar Masjid, Taj Mahal, Piramid
7.

PORTOFOLIO PROSES BELAJAR SISWA

Kompetensi dasar: motivasi belajar

NAMA :………………………………………………………..
TGL :………………………………………………………
MP : Perkembangan Islam Pd Masa dinasti Abbasiyah

indikator kriteria
1 2 3 4 5

1. Keantusian mendengarkan cerita
2. Partisipasi dalam kegiatan diskusi v
3. Keseriusan dalam penyelesaian tugas v
4. …………………………………………. v
5. …………………………………………… v
Komentar orang tua:

Komentar guru:

SILABUS KELAS X
SMK MANDIRI

SITI ROHANI

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
S I L I W A N G I
BANDUNG

SILABUS KELAS XI
SMK MANDIRI

SITI ROHANI

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
S I L I W A N G I
BANDUNG

SILABUS
Nama sekolah : SMK MANDIRI
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/ semester : X/ II
Standar Kompetensi : Memahami Ayat-Ayat Tentang Menjaga Kelestarian lingkungan hidup

Kompetensi
dasar Materi Pelajaran Indikator Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi waktu Sumber/bahan/alat
jenis instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1. Membaca QS Ar Rum:41-41
2. Menerapkan tajwid
3. Menterjemahkan perkata.
4. Menyimpulkan isi kandungan ayat
Menjaga kelestarian lingkungan hidup
1. Menyadari pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidiup.
2. Mengemukakan fonomena alam yang terjadi sekarang 1. Mendiagnosa fonomena alam. dengan diskusi
2. Menganalisis permasalahan fenomena alam
1. Tugas pribadi
2. Tugas kel.
3. Ulangan harian.
4. Ulangan semester
5. Tes lisan 1. Tes tulis
2. Tes sikap
3. Ceklst 1 jam 1. Buku pket
2. Al Qur’an terjemah perkata.
3. kitab tafsir.
4. Buku tajwid.
5. Artikel majalah, Koran, buku, internet.

1. Membaca surat Al A’raf ayat 56-58
2. Menerapkan tajwid.
3. Menterjemahkan perkata
4. menyimpulkan isi kandungan ayat. 1. Contoh, contoh perbuatan menjaga kelestarian lingkungan 1. Mencegah kerusakan dimuka bumi
2. Menampilkan perilaku bersih 1. Melatih menjaga kelestarian lingkungan hidup
2. Membiasakan perilaku menjaga kebersihan diri, lingkungan. 1. Tugas pribadi
2. Tugas kel.
3. Ulangan harian.
4. Ulangan semester
5. Tes lisan 1. Tes tulis
2. Tes sikap
3. Ceklst 1 jam 1. Buku pket
2. Al Qur’an terjemah perkata.
3. kitab tafsir.
4. Buku tajwid.
5. Artikel majalah, Koran, buku, internet.
6. vcd Al Qur’an petunjuk jalan.

1. Membaca surat As Shad:72
2. Menerapkan tajwid
3. Menterjemahkan perkata
4. Menyimpulkan isi kandungan ayyat 1. Menampilkan perilaku menjaga kebersihan lingkungan 1. Memecahkan masalah-masalah yang terjadi sekarang ini tentang lingkungan.
2. Melakukan aktifitas dalam menjada kebersihan lingkungan 1. Menentukan kegiatan untuk menjaga lingkungan hidup
2. melakukan kegiatan untuk menjaga kelestari 1. Tugas pribadi
2. Tugas kel.
3. Ulangan harian.
4. Ulangan semester
5. Tes lisan 1. Tes tulis
2. Tes sikap
3. Ceklst 1 jam 1. Buku pket
2. Al Qur’an terjemah perkata.
3. kitab tafsir.
4. Buku tajwid.
5. Artikel majalah, Koran, buku, internet.

PENILAIAN SIKAP
NO PERNYATAAN PELIHAN SIKAP
SS S N TS STD
1 Kegiatan kebersihan disekolah perlu digalakkan
2 Usaha penghijauan adalah usaha yang tidak menyenangkan.
3 Menanam pohon merupakan anjuran untuk menjadikan pori-pori dunia
4 Membuang sampah sembarangan adalah perbuatan yang menyebabkan terjadinya banjir
5 …………………………………
6 ………………………………………………………….

SILABUS
Nama sekolah : SMK MANDIRI
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/ semester : X/ II
Standar Kompetensi : Meningkatkan keimanan kepada kitab Allah

Kompetensi
dasar Materi Pelajaran Indikator Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi waktu Sumber/bahan/alat
jenis instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1. Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada kitab-kitab Allah 1. Pengertian iman.
2. Pengertian kitab dan suhuf 1. Mendevinisikan pengertian kitab-kitab Allah.
2. Menyebutkan kitab-kitab Allah yang diturunkan.
3. Menjelaskan fungsi iman 1. Menanyakan pengertian kitab dan suhuf.
2. Diskusi
3. Menganalisis hasil diskusi 1. Tugas pribadi
2. Tugas kel.
3. Ulangan harian
4. Ulangan semester 1. Mengisi lembar bacaan Al Qur’an.
2. Diskusi.
3. Penilaian kinerja membaca Al Qur’an
1 jam 1. Buku paket
2. Buku tajwid
3. White board
4. Vcd keajaiban Al qur’an
5. Kitab hadits
6. Lembar daftar tugas membaca Al Qur’an
2. Menerapkan hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah 1. Nama-nama kitab dan nabinya
2. Tanta-tanda penghayatan terhadap iman kepada kitabkitab Allah
3. Hikmah penghayatan terhadap iman kepada kitab-kitab Allah 1. Mengidentifikasikan fungsi diturunkannya kitab-kitab Allah
2. Menampilkan tanda-tanda penghayatan terhadap iman kepada kitab-kitab Allah
3. Hikmah penghayatan terhadap iman kepada kitab-kitab Allah. 1. Menerangkan fungsi diturunkannya kitab-kitab Allah.
2. Mebuat dan mengisi daftar bacaan Al qur’an siswa 1. Tugas pribadi
2. Tugas kel.
3. Ulangan harian
4. Ulangan semester 1. Mengisi lembar bacaan Al Qur’an.
2. Diskusi.
3. Penilaian kinerja menbaca Al Qur’an
1 jam 1. Buku paket
2. Buku tajwid
3. White board
4. Vcd keajaiban Al qur’an
5. Kitab hadits
6. Lembar daftar tugas membaca Al Qur’an

PENILAIAN KINERJA (MEMBACA Al QUR’AN)

SILABUS
Nama sekolah : SMK MANDIRI
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/ semester : X/ II
Standar Kompetensi : Membiasakan perilaku terpuji

Kompetensi
dasar Materi Pelajaran Indikator Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi waktu Sumber/bahan/alat
jenis instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1. Menjelaskan pengertian dosa besar 1. Mendevinisikan dosa besar
1. Menjelaskan pengertian dosa besar
1. Bertanya kepada siswa arti dari dosa
2. Menanyakan macam-macam dosa besar. 1. Ulangan harian
2. Ulangan semester
3. Tes sikap 1. Lembar soal
2. Soal di buku paket
3. Observasi/ wawancara 1jam 1. Buku paket,
2. Buku akhlaq,
3. vcd Al Qur’an petunjuk jalan.
4. Buku kisah para sahabat
2. Menyebutkan contoh perilaku dosa besar 1. Macam-macam dosa besar
2. Menjauhi dosa besar 1. Menyebutkan macam-macam dosa besar
2. Menjauhi dosa-dosa besar. 1. Mengemukakan macam-macam dosa besar dan membaca dalilnya.
2. Menjelaskan bahaya melakukan dosa besar.
3. Menerangkan kerugian melakukan dosa besar 1. Ulangan harian
2. Ulangan semester
3. Tes sikap 1. Lembar soal
2. Soal di buku paket
3. Observasi/ wawancara 1 jam 1. Buku paket,
2. Buku akhlaq,
3. vcd Al Qur’an petunjuk jalan.
4. Buku kisah para sahabat
3. Menghindari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-hari 1. Menampilkan perilaku terpuji 1. Menunjukan perilaku terpuji dalam kehidupan sehari hari 1. Membiasakan perilaku terpuji.
2. Melakukan observasi/ wawancara 1. Ulangan harian
2. Ulangan semester
3. Tes sikap 1. Lembar soal
2. Soal di buku paket
3. Observasi/ wawancara 1 jam 1. Buku paket,
2. Buku akhlaq,
3. vcd Al Qur’an petunjuk jalan.
4. Buku kisah para sahabat

SILABUS
Nama sekolah : SMK MANDIRI
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/ semester : X/ II
Standar Kompetensi : Menghindari perilaku tercela

Kompetensi
dasar Materi Pelajaran Indikator Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi waktu Sumber/bahan/alat
jenis instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1. Menjelaskan maksud menghargai hasil karya orang lain 1. Menghargai hasil karya orang lain 1. Menjelaskan pengertian menghargai hasil karya orang lain.
2. Mengmukakan dalil yang berkaitan 1. Konsisten diri dalam beperilaku terpuji.
2. Guru sebagai sumber tauladan siswa.
3. Menerangkan fenomena pembajakan di Indonesia 2. Tugas pribadi
3. Tugas kelompok.
4. Ulangan harian.
5. Ulangan semester. 1. Tes tulis.
2. Tes lisan
3. Tes sikap
4. wawancara 1 jam 1. buku paket
2. buku kisah para sahabat
3. buku akhlaq/ tarbiyatul aulad.
4. Buku hadits
2. Menampilkan contoh menghargai hasil karya orang lain 1. Perlindungan terhadap hak cipta 1. Menjelaskan upaya perlindungan terhadap hak cipta 1. Menjelaskan upaya-upaya perlindungan hak cipta. 1. Tugas pribadi
2. Tugas kelompok.
3. Ulangan harian.
4. Ulangan semeste 1. Tes tulis.
2. Tes lisan
3. Tes sikap
4. wawancara 1 jam 1. buku paket
2. buku kisah para sahabat
3. buku akhlaq/ tarbiyatul aulad.
4. Buku hadits
3. Membiasakan perilaku menghargai hasil karya orang lain. 1. Penerapan sikap dan perilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari 1. Menjelaskan cara menerapkan sikap dan perilaku menghormati dan menghargai hasil karya orang lain 1. Menjelaskan sikap dan perilaku dalam menghormati hasil karya orang lain. 1. Tugas pribadi
2. Tugas kelompok.
3. Ulangan harian.
4. Ulangan semester 1. Tes tulis.
2. Tes lisan
3. Tes sikap
4. Ceklist individual/ kelompok 1 jam 1. buku paket
2. buku kisah para sahabat
3. buku akhlaq/ tarbiyatul aulad.
4. Buku hadits

CEKLIST INDIVIDUAL

CEKLISTS KELOMPOK

SILABUS
Nama sekolah : SMK MANDIRI
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/ semester : X/ II
Standar Kompetensi : Memahami humum dan tata cara pengurusan janaiz

Kompetensi
dasar Materi Pelajaran Indikator Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi waktu Sumber/bahan/alat
jenis instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1. Menjelaskan hokum pengurusan jenazah 1. Hokum mengurus jenazah 1. Mengerti hokum mengurus jenazah. 1. Memutar film perjalanan menuju akhirat/ ketika datang kematian
2. Menjelaskan hokum mengurus jenazah 1. Tugas pribadi
2. Tugas kelompok.
3. Ulangan harian ulangan semester 1. Tes tulis
2. Tes lisan
3. Ceklist individual 2 jam 1. Buku paket
2. Kitab hadits
3. Vcd perjalanan menuju akhirat, atau ketika datang kematian
4. Buku panduan janiaz
5. File yang berhubungan dengan janaiz
2. Menjelaskan tata cara pengurusan jenasah 1. Tata cara mengurus jenazah 1. Memandikan jenazah
2. Mengafani jenazah
3. Menyalatkan jenazah
4. Menguburkan jenazah 1. Menerangkan tata cara memandikan, mengafani, menyalatkan dan menguburkan jenazah
2. Praktek memandikan, mengafani, menyalatkan dan menguburkan jenazah 1. Tugas pribadi
2. Tugas kelompok.
3. Ulangan harian ulangan semester 1. Tes tulis
2. Tes lisan
3. Ceklist individual 2 jam 1. Buku paket
2. Kitab hadits
3. Vcd perjalanan menuju akhirat, atau ketika datang kematian
4. Buku panduan janiaz
5. File yang berhubungan dengan janaiz

CEKLIST INDIVIDU

SILABUS
Nama sekolah : SMK MANDIRI
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/ semester : X/ II
Standar Kompetensi : Memahami khotbah, tablig dan da’wah

Kompetensi
dasar Materi Pelajaran Indikator Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi waktu Sumber/bahan/alat
jenis instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1. Mendevinisikan khotbah, tablig dan da’wah
1. Pengertian Khotbah,
2. Tablig dan da’wah 1. Mampu menjelaskan pengertian kotbah, tablig dan da’wah 1. Bertanya apa yang dimaksud kotbah, tablig dan da’wah. (diskusi)
2. Menjelaskan pengertian kotbah, tablig dan da’wah
1. Tugas individu
2. Tugas kelompok
3. Ulangan harian
4. Ulangan semester 1. Praktek kultum
2. Diskusi.
3. Tes tulis tes lisan.
4. portofolio 1 jam 1. Buku paket.
2. Buku pidato/ kultum
3. Lembar penilaian.
2. Merumuskan tata cara kotbah, tablig dan da’wah 1. Tata cara khotbah, tablig dan da’wah 1. Mampu menjelaskan tata cara kotbah, tablig dan da’wah
2. Mampu menyebutkan syarat dan sunah kotbah, tablig dan da’wah
1. Menjelaskan tata cara kotbah, tablig dan da’wah.
2. Menjelaskan syarat, sunnah dan wajib dalam kotbah, tablig dan da’wah 1. Tugas individu
2. Tugas kelompok
3. Ulangan harian
4. Ulangan semester 1. Praktek kultum
2. Diskusi.
3. Tes tulis tes lisan
4. portofolio 1 jam 1. Buku paket.
2. Buku pidato/ kultum
3. Lembar penilaian.
3. Menganalisis perbedaan kotbah, tablig dan da’wah 1. Perbedaan tabligh, khotbah dan da’wah 1. Menyebutkan perbedaan kotbah, tablig dan da’wah 1. Menyebutkan perbedaan kotbah, tablig dan da’wah
2. praktek 1. Tugas individu
2. Tugas kelompok
3. Ulangan harian
4. Ulangan semester 1. Praktek kultum
2. Diskusi.
3. Tes tulis tes lisan
4. portofolio 1 jam 1. Buku paket.
2. Buku pidato/ kultum
3. Lembar penilaian.

PORTOFOLIO HASIL KARYA SISWA

SILABUS

Nama sekolah : SMK MANDIRI
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/ semester : X/ II
Standar Kompetensi : Memahami Islam pada masa modern (1800- sekarang)

Kompetensi
dasar Materi Pelajaran Indikator Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi waktu Sumber/bahan/alat
jenis instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1. Menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern 1. Perkembangan agama, politik dan ekonomi 1. Mampu menjelaskan perkembangan agama politik, ekonomi. 1. Menerangkan perkembangan agama, politik dan ekonomi 1. Tugas individu
2. Tugas kelompok
3. Ulangan harian ulangan semester 1. Tes tulis
2. Tes lisan
3. Lembar penilaian tugas individu.
4. Portofollio 1 jam 1. Buku paket
2. Buku siroh nabawiyah.
3. White board.
4. Cvd negeri Saba
5. File Bangungan/ arsitektur.

2. Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan Islam pada masa modern 1. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi 1. Mampu menjelaskan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi 1. Menerangkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
1. Tugas individu
2. Tugas kelompok
3. Ulangan harian ulangan semester 1. Tes tulis
2. Tes lisan
3. Lembar penilaian tugas individu.
4. Portofollio 1 jam 1. Buku paket
2. Buku siroh nabawiyah.
3. White board.
4. Cvd negeri Saba
5. File Bangungan/ arsitektur.

1. Perkembangan seni dan budaya 1. Menjelaskan perkembangan seni dan budaya
1. memutar vcd yang berkaitan dengan perkembangan Islam (negeri Saba) 1. Tugas individu
2. Tugas kelompok
3. Ulangan harian ulangan semester 1. Tes tulis
2. Tes lisan
3. Lembar penilaian tugas individu.
4. Portofollio 1 jam 1. Buku paket
2. Buku siroh nabawiyah.
3. White board.
4. Cvd negeri Saba
5. File Bangungan/ arsitektur.

1. Hikmah perkembangan Islam pada masa modern 1. Menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern 1. Memutar file perkembangan dari segi seni arsitektur.
2. (bangunan Masjid modern)
3. Tugas individu: meneladani tokoh-tokoh perjuangan Indonesia. 1. Tugas individu
2. Tugas kelompok
3. Ulangan harian ulangan semester 1. Tes tulis
2. Tes lisan
3. Lembar penilaian tugas individu.
4. Portofollio 1 jam 1. Buku paket
2. Buku siroh nabawiyah.
3. White board.
4. Cvd negeri Saba
5. File Bangungan/ arsitektur.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: