wayjeparanegriku

Just another WordPress.com site

RPP Kelas XI SMA

SILABUS DAN RPP PAI Kls. XI SMA
I. SILABUS PAI SEMESTER I

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : XI / 1
Aspek : Al-Qur’an
o Standar Kompetensi
2.Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perintah menyantuni kaum dhuafa
3.Meningkatkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah
5.Memahami hukum Islam tentang Mu’amalah
4.Membiasakan berperilaku terpuji

II. RENCANA PELEKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : SMA kelas XI/Semester 1
o Materi Pembelajaran
Q.S. Al-Baqarah, 2: 148 dan Surah Fātir, 35: 32
o Pendekatan
Pengamalan, pembinaan dan pembiasaan, rasional, emosional,dan fungsional
o Metode
Demonstrasi, latihan, tanya jawab, dan pemberian tugas
Waktu : 6 jam pelajaran (3x pertemuan)
o Standar Kompetensi
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan.
o Kompetensi Dasar
Membaca Q.S. Al-Baqarah: 148 dan Fātir: 32.
Menjelaskan arti Q.S. Al-Baqarah: 148 dan Fātir: 32.
Menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam Q.S. Al-Baqarah: 148 dan Fātir: 32.
o Indikator Pencapaian Hasil Belajar
Mampu membaca Q.S. Al-Baqarah: 148 dan Fātir: 32 dengan baik & benar.
Mampu mengidentifikasi tajwid dari ayat-ayat Al-Qur’an tersebut.
Mampu mengartikan per kata & per ayat dari ayat-ayat Al-Qur’an tersebut.
Mampu menerjemahkan ayat-ayat Al-Qur’an tersebut.
Mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan sesuai dengan ayat-ayat Al-Qur’an tersebut.
Mampu menunjukkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam ayat-ayat Al-Qur’an tersebut.
o Uraian Materi Pembelajaran
Al-Qur’an Surah Al-Baqarah, 2: 148 tentang anjuran berlomba dalam kebaikan.
Bacaan dan penjelasan bacaan.
Terjemahan per kata, per ayat, dan terjemahan ayat-ayat.
o Kesimpulan dan pengeluaran.
Surah Fātir, 35: 32 tentang adanya tiga kelompok umat Islam.
o Bacaan dan penjelasan bacaan.
Terjemahan per kata, per ayat, dan terjemahan ayat-ayat.
Kesimpulan dan penjelasan.
Pengalaman Belajar
Membaca dengan fasih Q.S. Al-Baqarah: 148 dan Fātir: 32.
Mengidentifikasi tajwid dari ayat-ayat Al-Qur’an tersebut.
Mengartikan per kata, per ayat, dan menerjemahkan ayat-ayat Al-Qur’an tersebut.
Mengidentifikasi, mempraktekkan, dan menunjukkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam ayat-ayat Al-Qur’an tersebut.
Mengerjakan soal-soal latihan materi pembelajaran Bab 1 dalam buku Pendidikan Agama Islam SMA Kelas XI, Penerbit Erlangga.
Mengikuti ulangan harian dari Bab 1.

III. SILABUS PAI SEMESTER II

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : XI / 2
Aspek : Al-Qur’an
o Standar Kompetensi
7.Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
8.Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah.
9.Membiasakan perilaku terpuji
10.Menghindari perilaku tercela.
11.Memahami ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah.
12.Memahami khutbah, tabligh, dan dakwah.

o
IV. RENCANA PELEKSANAAN PEMBELAJARAN
o
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : SMA kelas XI/Semester 2
o Materi Pembelajaran
Al-Qur’an Surah Ar-Rūm, 30: 41–42, Surah Al-‘Araf, 7: 56–58, dan Surah Sād, 38: 27.
o Pendekatan
Pengamalan, pembinaan dan pembiasaan, rasional, emosional, dan fungsional
o Metode
Demonstrasi, latihan, tanya jawab, dan pemberian tugas
Waktu : 6 jam pelajaran (3x pertemuan)
o Standar Kompetensi
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perintah menjaga kelestraian lingkungan hidup.
o Kompetensi Dasar
Membaca Q.S. Ar-Rūm: 41–42, Surah Al-‘Araf: 56–58, dan Surah Sād: 27.
Menjelaskan arti dari ayat-ayat Al-Qur’an tersebut.
Membiasakan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam ayat-ayat Al-Qur’an tersebut.
o Indikator Pencapaian Hasil Belajar
Mampu membaca dengan benar dan baik Q.S. Ar-Rūm: 41–42, Surah Al-‘Araf: 56–58, dan Surah Sād: 27.
Mampu mengidentifikasi tajwid dengan benar dari ayat-ayat Al-Qur’an tersebut.
Mampu mengertikan per kata, per ayat, dan menerjemahkan ayat-ayat Al-Qur’an tersebut.
Mampu mengidentifikasi, mempraktekkan, dan menujukkan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup.
o Uraian Materi Pembelajaran
Materi pokok:Al-Qur’an Surah Ar-Rūm:41–42, Surah Al-‘Araf: 56–58, dan Surah Sād: 27.
o Uraian materi pokok:
Surah Ar-Rūm: 41-42 tentang larangan berbuat kerusakan di bumi.
Bacaan dan penjelasan bacaan.
Terjemahan harfiah dan terjemahan ayat.
o Kesimpulan dan penjelasan.
Surah Al-‘Araf: 56–58 tentang larangan berbuat kerusakan di bumi.
o Bacaan dan penjelasan bacaan.
Terjemah harfiah dan terjemahan ayat.
o Kesimpulan dan penjelasan.
Surah Sād: 27 tantang keburukan kaum yang berbuat kerusakan di bumi.
o Bacaan dan penjelasan bacaan.
Terjemah harfiah dan terjemahan ayat.
o Kesimpulan dan penjelasan.
Pengalaman Belajar
Membaca dengan fasih Ar-Rūm: 41–42, Surah Al-‘Araf: 56–58, dan Surah Sād: 27.
Mengidentifikasi tajwid dari ayat-ayat Al-Qur’an tersebut.
Mengartikan per kata, per ayat, dan menerjemahkan ayat-ayat Al-Qur’an tersebut.
Mengidentifikasi, mempraktekkan, dan menunjukkan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup.
Mengerjakan soal-soal latihan Bab 7 dan mengikuti Bab 7.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: