wayjeparanegriku

Just another WordPress.com site

KISI-KISI UJIAN KOMPREHENSIP

KISI-KISI UJIAN KOMPREHENSIP

 

ILMU PENDIDIKAN

1. Perbedaan mengajar dengan mendidik:
• Mengajar: memberikan pengetahuan kepada anak agar mengetahui peristiwa, hokum-hukum (segi ilmiah/ inteleknya)
• Mendidik: menanamkan tabiat agar mempunyai tabiat yang baik, berkepribadian yang baik,
2. perbedaan pengajaran agama dan pedidikan agama
• pengajaran agama: Memberi pengetahuan agama
• pendidikan agama: membantu anak untuk bersiakp sesuai ajaran islam
3. factor pendidikan agama
• peserta didik
• pendidik
• tujuan pendidikan
• alat-alat pendidikan
• lingkungan
4. tugas pendidik agama
• menyyampaikan ilmu pengetahuan agama
• menanamkan keimanan
• mendidik agar taat menjalankan agama
• mendidik agar berbudi pekerti yang mulian
5. syarat pendidik agama
• ijasah formal
• sehat jasmani dan rohani
• berakhlak mulia
6. tujuan pendidikan secara umum? Tujuan Pendidikan Indonesia
• tujuan pend secara umum : aspek kemanusian (sikap, tingkah laku, kebiasan, pandangan).
• Tujuan pend nasional: mencerdaskan kehidupan bangsa, menngembangkan manusia indonesia seutuhnya, yaitu manusia yanag beeriman dan bertakwa terhadap Tuhan YME, berbudi pekerti yang luhur, , memiliki pengetahuan dan keterampilan, sehat jasmani dan rohani, berkepribadian yang mantap, mandiri, tanggung jawab terhadap bangsa dan negara
7. tujuan pendidikan nasional:
• pendidikan: usaha untuk menyiapkan peserta didik melalui bimbingan, pengajaran, latihan bagi peranannya dimasa yang akan datang
• pendidikan nasional: pendidikan yang berakar bagi kebudayaan bangsa, berdasarkan pancasila dan UU 445
• system pendidikan nasional: keseluruhan dari semua satuan pendidikan yang berkaitan satu sama lainnya untuk mengusahakan tercapainya tujuan pend nas.
8. devinisi ilmu pendidikan, dan objek kajiannya?
• Ilmu pend: ilmu pengetahuan yang menyelidiki gejala2 perbuatan mendidik.
• Ilmu pend: ilmu yang membicarakan masalah-masalah yang berkaitan dengan mendidik
• Objeknya: berbagai ilmu sosial: antropologi, sejarah, politik, sosiologi, ekonomi.

9. masalah-masalah pendidikan dan pemecahannya:
• masalah: kesejahteraan guru
• pemecahannya: kesejahteraan guru diperhatikan
10. pengertian pendidikan, seluk beluk, arah pendidikan?
• kekuatan yang berpengaruh bagi aspek keseluruhan bagi manusia
• ciri pend: pend mengandung tujuan, usaha yang disengaja dan direcana, dapat di berikan pada lingkungan keluarga dan masyarakat
• arah pend: pengembangan manusia sebagai makhluk individu, sosial, susila, beragama.
11. kedudukan ilmu pend, usaha-usaha pend?
• Ilmu yang mempelajari bagaimana seseorang bertindak.
• Usaha-usaha yang kritis, metodis sistematis
• Usaha-usaha yang teoritis: berguna untuk praktek,
• Kedudukan: usaha untuk memanusiakan manusia.
12. landasan arah pend Indonesia?
• Landasan: pembukaan UUD 45: mencerdaskan kehidupan bangsa
• Landasan: Pnacasila
• Fungsi: mengembangkan bangsa dan kebudayaan nasional,
• Tujuan: meningkatkan ketakwaan, kecertasan, keterampialan, budi pekerti, kepribadian dan tanggung jawab atas pembangunan bangsa.
13. pend. Merupakan suatu system?
• System pend: keseluruhan aspek yang saling berkaitan; perlu direncanakan, diorganisasikan, dilaksanakan, dinilai, ditindak lanjuti.
• Enam pokok isi rumusan tujuan pend: a) pend untuk penyesuaian diri dalam kehidupan. b) pengembangan dan pemantapan intelektual. c) kematangan psikologi. d) pembinaan watak,. e) mempertahankan bangsa. f) untuk kemerdekaan.
14. Usaha apa saja Pend sebagai suatu system:
• Masukan: bahan mentah yang hendak diolah menjadi hasil tertentu
• Proses: terkait dengan pendidik, kurikulum, gedung, metode
• Keluaran: hasil belajar; pengetahuan, sikap, keterampilan
15. ruang lingkup dan batas2 pendidikan:
• ruang lingkup: kerja, tugas, tanggung jawab, wewenang,
1. batas2 pend: keterbatasan usaha, ketidak sempurnaan pendidik, peserta didik, sarana.
2. ruang lingkup: pendidikan keluarga, sekolah dan pend luar sekolah.
16. pokok2 permasalahan pend;
• persoalan masa depan menjadi permasalahan umat manusia
• perubahan yaitu gejala yang paling kuat penentu utama yang terjadi dimasa yang akan datang.
17. alternative, penyelasaian masalah pend:
• strategi yang mantap, syaratnya pengembangan perubahan/ inovasi, pembaharuan pendidikan.
• lima prioritas pengembangan pend: 1) modernisasi pengelolaan pendidikan. 2) modernisasi guru. 3) modernisasi proses belajar mengajar. 4)perubahan dana untuk pendidikan. 5) perluasan pendidikan luar sekolah.

ILMU PENDIDIKAN ISLAM

1. Menurut Ahmad Marimba: Pend Islam: bimbingan jasmani rohani, berdasarkan hukum2 agama Islam menuju terbentuknya kepribadian utama menurut hukum2 islam.
2. Menurut Abdur Rahman An Nahwali: pengaturan pribadi dan masyarakat yang karena nya dapat memeluk Islam seccara logis maupun keseluruhan baik individu maupun kolektif.
3. menurut Budian Shomad: membentuk mahluk menjadi bercorak tinggi derajatnya menurut ukuran Allah.
4. menurut Mustofa Al Ghulayani: menanamkan akhlak mulia, menyiraminya dengan dengan petunjuk dan nasihat, berbuah dalam wujud keutaman, kebaikan, cinta bekerja untuk tanah air.
5. menurut syek Muhammad, a. Naqib Al Atos: untuk pengenalan dan pengakuan tempat2 yang benar dari segala sesuatu hingga tercipta pengenalan Tuhan yang tepat dalam kepribadian.
6. menurut Hasan langgulung:
• menyiapkan geenerasi muda, untuk peranannya dimasa yang akan datang
• memindahkan ilmu pengetahuan
• memindahkan nilai2 yang bertujuan untuk kesatuan dan keutuhan masyarakat.
7. menurut hasil seminar di Cipayung Bogor: bimbingan terhadap pertumbuhan rohani dan jasmani menurut ajaran Islam dengan hikmah mengajarkan, melatih, mengasuh dan mengawasi berlakukan semua ajaran islam.
8. lapangan ilmu pendidikan Islam: lapangan pergaulan, khususnya antara orang dewasa dan anak2 sampai ia sadar terbentuk menjadi pribadi muslim.
9. ruang lingkup pend islam: perbuatan mendidik, anak didk, dasar dan tujuan pend Islam,pendidik, materi, metode, evaluasi, alat2 pend, lingkungan sekitar.
10. kegunaan ilmu pend islam:
• teori yang merangkum aspirasi dan cita-cita Islam
• informasi tentang pelaksanaan penddkan, ilmu pengetahuan yang memberi masukan yang berharga.
• Pengoreksi terhadap teori dan ilmu pengetahuan itu sendiri.
11. dasar-dasar pend Islam: Al Qur’an, sunnah, Perundahng-undangan, GBHN
12. UU No 2 tahun 1989 tentang system pendidikan nasional:
• Pasal 11 ayat 1: jenis pend yang termasuk jalur sekolah umum pend kejuruan, pend luar biasa, pend kedinasan, pend akademik, pend professional
• Pasal 11 ayat 6: pend keagamaan merupakan pend yang mempersiapkan peserta didik untuk dapat menjalankan peranan yang menuntut penguasaan khusus tentang agama yang bersangkutan.
13. tujuan pend Islam;
• Tujuan sementara: tercapainya berbagai kemampuan, kecakapan jasmaniah, kedewasaan jasmani dan rohani
• Tujuan akhir: terwujudnya kepribadian muslim (jasmani: tingkah laku. Jiwa: pendirian atau pandangan. Ruhani yang luhur: filsafat hidup, kepercayaan, kepribadian.
14. kepribadian muslim
• yaitu seluruh aspek yakni tingkah laku, kegiatan jiwa, filsafat hidup, kepercayaan, pengabdian pada Tuhan, penyerahan diri.
15. tujuan pend Islam menurut Imam Ghazali
• pembentukan baik di dunia maupundi akhirat.
• Manusia mencapai sempurna bila berusaha mencari ilmu dan mengamalkannya.
• Membina insane yang taqorub kepada allah, bahagia dunia akhirat, memperoleh kelezatan ilmu yang diperolehnya.
16. Tujuan operasional, tujuan fungsional:
• Tujuan oeprasional: tujuan yang dicapai sesuai dengan program yang ditentukan
• Tujuan fungsional: tujuan yang dicapai dari kegunaannya
17. intisari tujuan pend Islam:
• tujuan umum: insane kammil
• tujuan akhir: takwa, berserah diri pada Allah, mati dalam keadaan muslim QS 3:100
18. Pendidik : orang dewasa yang bertanggung jawab atas perkembangan jasmani rohani peserta didik.
19. tugas pendidik
• membimbing
• menciptakan situasi untuk pendidikan.
20. keutamaan dari mengajar Al Ghazali: amat mulia, yang menyembunyikannya akan dikekang dengan api neraka.

21. jenis-jenis pendidikan
• pend kuttab: masjid/ surau
• pend umum: pada lembaga2 pend
• pend khusus: misalnya untuk anak raja/ pembesar.
22. syarat pendidik
• mencintai profesinya
• adil
• berwibawa
• sabar dan tenang
• gembira
• bersifat manusiawi
• bekerja sama dengan guru2 lain
• bekerja sama dengan masyarakat
• iklas
• zuhud
• bersih, rapi
• mencintai muridnya
• pembawaan, karakter yang baik, menguasai mata pelajaran.
23. kriteria akhlak pendidik. Menurut al Ghozali:
• kasih sayang
• selain ilmu2 yang abstrk, terlebih dahulu ilmu2 yang kongret
• menasehati muridnya
• mencegah dari perbuatan mungkar
• harus mengamalkan ilmunya sesuai perkataannya.
24. kriteria guru menurut Abdurrahman
• robbani
• ikhlas
• sabar
• jujur
• membekalli diri dengn ilmu
• mampu mengunakan metode
• mampu mengelola kelas
• mempelajari kehidupan psikis anak
• tanggung jawab
• adil
25. keberadaan guru dalam perspektif Islam:
• sangat penting, disukai Allah, didoakan para makhluk di langit dan Bumi
26. dasar2 kebutuhan anak untuk memperoleh ilmu
• an Nahl: 78: lahir dalam keadaan tidak mengetahui apa-apa.
27. eksistensi anak menurut Ghazali
• amanah Allah yang harus dijaga dan dididik untukk mencapai keutaman dalam hidup dan mendekatkan diri pada allah.
28. pertumbuhan anak menurut para ahli
• berdasar bilologis
• berdasar ditaktis
• berdasar psikologis
29. metode dan alat pend
• metode: cara, system dalam mengajarkan sesuatu
• alat pend: segala sesuatu yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan.
30. peranan pentingnya metode dan alat
• sangat penting merupakan jembatan yang mengubungkan pendidik dan murid untuk mencapai tujuan pend. Berhasil tidaknya pend dipengaruhi oleh factor pendukung yakni alat pend.
31. syarat untuk memberi hukuman menurut athiah al Abrasyi:
• Setelah berumur 10 tahun
• Tidak memukul lebih dari 3 X
• Diberikan kesempatan untuk bertobat.

32. metode yang digunakan pesantren:
• sorogan (bandongan): pembelajaran dengan santri membawa kitab kemudian membacakannya dihadapan guru langsung, kemudian guru membenarkan dan membimbing langsung.
• Wetonan: penyampaian pelajaran dimana guru membacakan terjemah, menerangkan, danseringkali mengulas buku-buku dihadapan sekelompok murid atau santri.
33. alasan perlunya metode pembelajaran akhlak
• akhlak sangat penting dalam kehidupan, merupakan misinya yang utama
34. prinsip2 kurikulum pend islam:
• pertautan yang sempurna dengan agama
• menyeluruh : meliputi segala aspek
• keseimbangan yang relative antara kandungan dengan tujuan kurikulum
• berkaitan dengan minat, bakat kemampuan
• memelliharaan perbedaan individual
• perkembangan dan perubahan jasmani
35. prinsip penyusunan kurikulum
• berfungsi sebagai alat tujuan hidup islami
• sebagai alat efektif efisien mencapai tujuan tersebut
• diproses dengan metode yang sesuai
• antara kurikulum dan metode serta tujuan harus saling terkait, menurut yang dicita-citakan ajaran Islam.
36. Lingkungan Pendidikan:
• Segala sesuatu yang berada diluar diri anak yang mempengaruhi perkembangannya
37. macam2 pengaruh lingkungan pend terhadap keberagamaan anak
• lingkungan yang acuh tak acuh terhadap agama
• lingkungan yang berpegang pada tradisi agama, tetapi tanpa keinsyafan batin
• lingkungan yang memiliki tradisi agama dengan sadar dan hidup dalam kehidupan agama
38. lembaga yang tumbuh di masyarakat supaya berpengaruh bagi kehidupan
• keluarga
• sekolah
• tempat ibadah

ADMINISTRASI PENDIDIKAN

1. Pengertian administrasi dan administrasi pend?
• Ad artinya Ke, ministere artinya melayani, membantu mengarahkan.
• Yaitu usaha membantu melayani mengarahkan dan mengatur semua kegiatan didalam mencapai suatu tujuan.
2. administrasi pend.
• Proses keseluruhan kegiatan bersama dalam bidang pendidikan yang meliputi perencanaan pengorganisasian, pengarahan pelaporan,pengkoordinasian, pengawasan, pembiayaan, menggunakan dan memanfaatkan fasilitas yang tersedia, baik personil, materiil, da spiritual untuk mencapai tujuan pendidikan secara efisien.
• Segenap teknik dan prosedur yang digunakan dalam penyelenggaraan penddikan sesuai dengan kebijakan yang telah ditentukan.
3. cirri-ciri administrasi pend
• sekelompok manusia
• tujuan yang hendak dicapai
• adanya tugas fungsi yang harus dilaksanakan
• Peralatan dan perlengkapan yang diperlukan.
4. bidang garapan administrasi pend
• administrasi tata laksana sekolah
• administrasi personel guru dan pegawai sekolah
• administrasi murid
5. supevisi pengajaran
• merangsang membangkitkan guru2 dan pegawai2 menjalankan tugasnya masing2.
• Usaha mengembangkan, mencari, menggunakan metode2 baaru dalam mengajar dan belajar yang lebih baik
• Mengusahakan cara2 menilai hasil pendidikan dan pengajaran
• Usaha mempertinggi mutu dan pengalaman guru-guru
6. pelaksanaan dan pembinaan kurikulum
• merealisasikan apa yang tercantum dalam kurikulum
• menyusun dan melaksanakan organisasi kurikulum, materi, sumber, metode.
• Boleh merubah atau memperbaiki kurikulum yang telah ditentukan. Yakni yang tidak sesuai dengan kebutuhan masyakarat.
7. pendirian dan perancangan bangunan sekolah
• memilih tempat, luas tanah dan letaknya
• mengusahakan, merencanakan, menggunakan biaya pendirian gedung sekolah
• menentukan jumlah ruangan kelas, kantor, gudang, asrama, lapangan olah raga, podium, kebun sekolah serta kkomposisinya satu sama lain.
• Cara penggunaan gedung sekolah dan fasilitas2 lain yang produktif serta pemeliharaannya
• Alat2 perlengkapan sekolah dan alat2 pembelajaran yang dibutuhkan
• Mempertimbangkah hubungan kondisi2, kemajuan msyarakat setempat, bertambah jumlah setiap ta hunnya.
8. langkah2 yang harus ditempuh dalam perencanaan
• menentukan dan merumuskan tujuan yang hendak dicapai
• meneliti masalah2 atau pekerjaan yang akan dilakukan
• mengumpulkan data dan informasi yang diperlukan
• Menetukan tahap2 atau rangkaian tindakan.
• Merumuskan masalah2 itu akan dipecahkan. Bagaimana pekerjaan itu diselesaikan.

9. syarat2 perencanaan
• perencanaan harus didasarkan pada tujuan yang jelas
• bersifat sederhana, realistis dan praktis
• terinci, memuat semua uraian dan klasifikasi dan ranagkaian tindakan hingga mudah jadi pedoman dan mudah dijalankan
• fleksibel hingga mudah disesuaikan dengan situasi dan sewaktu-waktu
• terdapat pertimbangan antara bermacam2 bidang yang akan digarap dalam perencanaan itu, menurut urgensinya masing2.
• Diusahakan adanya penghematan biaya, tenaga, waktu serta kemungkinan penggunaan sumber-sumber daya dan dana yang tersedia dengan sebaik-baiknya.
10. fungsi organisasi
• memberi struktur dalam penyusunan personel, oekerjaan2, material, pikiran,
• menetapkan hubungan antara orang-orang. Kewajiban2, hak2, tanggung jawab2.
• sebagai alat untuk mempersatukan usaha-usaha untuk menyelesaikan pekerjaan.
11. prinsip2 organisasi
• memiliki tujuan yang jelas
• tiap anggota memahami dan menerima tujuan tersebut
• adanya kesatuan arah sehingga menimbulkan kesatuan tindakan dan pikiran.
• Adanya kesatuan perintah
• Adanya keseimbangan tanggung jawab dan wewenang
• Adanya pembagian tugas pekerjaan sesuai dengan kemampuan, keahlian dan bakat masing2. jadilah kerjasama yang harmonis.
• Pola organisasi hendaknya permanent, struktur organisasi disusun sesederhana mungkin, sesuai dengan kebutuhan, koordinasi, pengawasan dan pengendalian.
• Adanya jaminan dalam bekerja
• Adanya gaji atau insetif yang setimpal dengan jasa atau pekerjaan, hingga menimbulkan gairah kerja
• Garis2 kekuasaan dan tanggung jawab serta hierarki tata kerkanya tergambar dalam struktur.

PSIKOLOGI UMUM

1. Psikologi?
• Ilmu yang baru, namun suda berdiri sendiri
• Ilmu yang disusun berdasarkan data empiric, fakta2 yang disusun secara sistematis, menggunakan metode ilmiah
2. Pengertian Psikologi
• Psyche artinya jiwa, sukma, roh. Logos artinyailmu pengetahuan atau studi.
• Ilmu yang mempelajari tentang jiwa.
• Nana saodih: ilmu yang mempelajari tentang perupabah tingkah laku.
3. sejarah perkembangan psikologi
• zaman Yunani kuno:
– Plato : manusia terbagi dua yaitu jiwa rohaniah, dan jasmaniah. Jasmani terbagi dua yakni kemauan dan nafsu perasaan, jiwa punya tiga daya yakni kecerdasan/ rasio, kemauan dan nafsu
– Aristoteles: ilmu jiwa adalah gejala2 hidup, baik manusia maupun hewan, maupun tumbuhan. Makhluk terbagi 3 derajat yakni vegetative (makan dan berkembang biak). Sensitive (mengindra, menggunakan nafsunya, bergerak, berbuat. Intelektiva (berfikir dan menghendaki/ dikotomi).
• abad 16/17:
– deskrates: manusia dan hewan itu berbeda
– Thomas hobbes: manusia menghendaki kebahagiaan dan menghindari rasa sakit.
– John Locke: (Tabularasa lilin): jiwa yang baru dilahirkan itu putih bersih seperti lilin atau kerta yang belum dicoreti apa2.
• 18/10
– Herbart: jiwa terdiri dari tanggapan2.
– John Stuarl Mil: jiwa itu terdiri dari elmen2 sifat yang berlainan.
• Abad 20
– Psikoanalisis: Sigmen Freud: nafsu birahi merupuakan pokok yang mempengaruhi manusia
– psiko individual: Alfred Alder dan Kunkel: kesatuan kejiwaan satu sama lain sehubungan dengan suatu kejiwaan. Manusia itu berfikir, berkemauan.
– Gestalt: manusia itu beraksi secara total.
– Belajar behavioristik: tingkah laku itu merupakan aktivitas individu yang dapat diamati sebagai hasil I nteraksi dengan l I ngkungan.
– Humanistik: martabat kemanusian berbeda dengan jiwa makhluk lainnya. manusia punya potensi.
4. faktor2 yang mempengaruhi perkembangan individu
• hereditas/ keturunan:
• lingkunga
5. mengapa terjadi perbedaan mengenai factor yang paling berpengaruh dalam perkembangan?
• nativisme atau pembawaana: perkembangan individu semata-mata telah ada dalam diri inividu.
• Empirisme: menganggap anak yang baru dilahirkan itu ibarat kertas putih.
• Konvergensi: pembawaan dan lingkungan itu sama-sama kuat terhadap perkembangan anak.
6. fuangsi psikis manusia?
• pengamatan: proses belajar mengenal sesuatu di lingkungan sekitar dengan menggunakan alat indra.
• Tanggapan: bayangan yang tinggal dalam ingatan setelah mengadakan pengamatan.
• Fantaasi: daya untuk membentuk tanggapan-tanggapan baru berdasarkan tanggapan yang sudah ada.
• ingatan:kekuatan psikis untuk menerima, menyimpan, meproduksikan kesan-kesan dan informasi.
• Berpikir: aktivitas psikis untuk menggabungkan arti antara bagian-bagian pengetahuan.
7. prinsip2 belajar
• mengumpulkan pengetahuan,
• penanaman konsep dan kecakapan
• pembentukan sikap
8. factor2 yang mempengaruhi belajar
• factor non sosial: udara, cuaca, waktu, tempat
• factor sosial factor manusia, langsung tidak langsung, factor psikologi,(semangat).fisiologis (gizi, kesehatan, fungsi panca indra)
9. sikap
• kecenderungan untuk mendekati atau menjauhi, atau melakukan baik positif maupun negative terhadap sesuatu peristaiwa, gagasan atau kkonsep.
10. unsure-unsur sikap
• unsure kognisi: pemahaman individu terhadap objek2 tertentu
• unsure afeksi: menunjukan arah perasaan yang menyertai sikap individu.
11. cirri-ciri sikap
• berhubungan antara subjekobjek
• sikap dibawa sejak lahir, dipelajari melalui pengalaman2
• sikap dapat berubah2
• tersangkut motivasi dan perasaan
• sikap tidak menghilangkan walau kebutuhan sudah dipenuhi
• sikap tidak hanya satu macam.
12. pembentukan sikap
• terbentuk memalui pengalaman kusus
• terbentuk dengan meniru, meneladani seseorang
• terbentuk karenapengaruh lembaga keagamaan, masyarakat, sekolah, partai politik. Dsb
13. perubahan sikap
• karena sikap bisa dipelajari, maka bisa berubah-ubah, dikarenakan sebab-sebab yakni:
– karena proses belajar
– karena persepsinya tentang objek sesuatu itu berubah.Karena sebagai dasar pemikiran, bahwa seseorang akan berusaha untuk memelihara harmoni internal, yaitu keserasian atau keseimbangan dalam dirinya.
– Karena amat tergantung dengan hubungan fungsional (kemanfaatan objek itu bagi dirinya dan pemenuhan kebutuhan dirinya.

14. motif
• suatu kekuatan dalam diri individu yang melahirkan, memelihara, mengarahkan perilaku kepada suatu tujuan.
15. kemauan
• suatu kompleks kerjasama yang sangat halus untuk menentukan tingkah laku.
• Suatu usaha yang dipupuk dari tingkat kebutuhan yang dipimpin oleh antisipasi sadar dari tujuan dan jalan pelaksananya yang didahului oleh tingkah laku pribadi yang khusus.
16. konflik dan frustasi
• konflik: mendekat-mendekat:menghadapi motif yang disenangi, atau diinginkan
• konflik menjauh-menjauh: menghadapi motif yang tidak disenangi
• konflik mendekat menjauh: menghadapi motif yang menyenangkan dan tidak menyenangkan sama-sama kuat.
• Frustasi yaitu suatu keadaan yang tidak menyenangkan, keadaan kecewa karena tidak tercapainya sesuatu yang diinginkan karena halangan, rintangan.
17. refleksi dan naluri
• refleksi: gerakan yang dilakukan tanpa memikirkan terlebih dahulu, tanpa pertimbangan
• naluri: cara-cara tingkah laku yang dibawa sejak lahir, tertuju pada pemuasan dorongan-dorongan nafsu dan dorongan2 tertentu.

18. emosi: setiap keadaan pada seseorang yang disertai warna afektif, pada tingkat yang lemah maupun pada tingkat yang kuat.

19. sugesti: suatu proses dimana seseorang menerima suatu cara penglihatan, atau pedoman2 tingkah laku orang lain tanpa kritik terlebih dahulu.
Kesediaan seseorang untuk menerima suatu pemikiran tanpa alasan yang logis untuk itu.

20. perhatian: keaktifan jiwa yang dipertinggi dan tertuju pada suatu objek atau sekumpulan objek.

21. kepribadian: tingkatan sifat-sifat dimana seseorang biasanya tinggi tingkatannya mempunyai pengaruh yang menentukan.

FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM

1. Filsafat Pend Islam?
2. pengertian filsafat pend Islam
3. pendidikan dalam Islam
4. manusia sempurna menurut Islam
5. tujuan pendidikan Islam
6. aspek2 tujuan pendidikan dan pembinaan Islam
7. tujuan pend Islam menurut Zakiyah Darajat:
8. tujuan pendidikan ada 4
9. tujuan umum pend Islam menurut Al Abrasyi
10. tujuan pend islam menurut Nahlawy
11. tujuan pend islam menurut Jamaly
12. tujuan pend islam menurut Ibnu Kaldun
13. arti dasar pendidikan Islam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: